CONTOH PROGRAM REMIDIAL
Sekolah : SMP Negeri ............
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran : Matematika
Ulangan Harian ke : 2
Tanggal Ulangan Harian : 1 Maret 2011
Bentuk Soal UH : Uraian
Materi UH (KD/Indikator) : 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1. Menghitung keliling lingkaran
2. Menghitung luas lingkaran.
3. Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Rencana Ulangan Rem : 8 Maret 2011
KKM : 70
KKM : 70
No. | Nama Siswa | Nilai Ulangan | Indikator yang tidak dikuasai | Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial | Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes Remidial | Nilai Tes Rem | Ket. |
( 1 ) | ( 2 ) | ( 3 ) | ( 4 ) | ( 5 ) | ( 6 ) | (7) | (8) |
1. | Aco | 65 | 2, 3 | Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu | 1, 2, 3, 4 | 85 | Tuntas |
2. | Besse | 68 | 3 | Diberikan Tugas khusus | 3, 4 | 98 | Tuntas |
3. | Dst………… | | | | | | |
Sengkang, 2011
Guru Mata Pelajaran
UMAR MUHADI
NIP.
Keterangan :
· Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
Misalnya : Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
· Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1. Cara yang dapat ditempuh
a. Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b. Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
a. Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
b. Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
c. Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
a. Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator yang belum tuntas.
b. Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran remedial:
v Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
v Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.
CONTOH PROGRAM PENGAYAAN
Sekolah : SMP Negeri ...............
Kelas / Semester : VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran : Matematika
KKM Mata Pelajaran : 70
Materi (KD/Indikator) : 4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1. Menghitung keliling lingkaran
2. Menghitung luas lingkaran.
3. Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
No. | Nama Siswa | Nilai Ulangan | Bentuk Pengayaan |
1. | Condeng | 90 | Contoh: 1. Memberikan soal-soal pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade yang terkait dengan materi lingkaran. 2. Memanfaatkan Condeng dan Dandang untuk menjadi Tutor Sebaya |
2. | Dandang | 100 | |
Dst …………….. |
Sengkang, 2011
Guru Mata Pelajaran
UMAR MUHADI
NIP.
Pelaksanaan Program Pengayaan
1. Cara yang dapat ditempuh:
a. Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b. Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c. Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d. Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.
2. Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a. Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b. Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
· setelah mengikuti tes/ulangan KD tertentu atau kesatuan KD tertentu, dan atau
· pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan
Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran, kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.
format remidinya ok. saya copy boss!!
BalasHapussangatt membantu, trims
BalasHapusterima kasih....
BalasHapusmakasih pak, ini program remedial dan pengayaan yang saya cari untuk di kelas/mapel saya
BalasHapusthanks
pak, ini kok lebih terlihat sebagai laporan hasil remedial/pengayaan, bukan program. kalau program khan artinya belum dilaksanakan? mohon jawabannya, saya perlu teman diskusi. trims.
BalasHapusvery good. thanks a lot
BalasHapusKeren, ijin copy ya
BalasHapusKeren, ijin copy ya
BalasHapusmenurut pengalaman biasanya remidial diartikan ujian ulangan dan nilainya pasti bagus.
BalasHapuspak ada info pembelajaran pembagian bersusun NON POROGAPIT.
http://kalkulatordakon.wordpress.com/2012/09/29/3
trims
Quality articles is the key to attract the people to visit the website, that's what this website is providing.
BalasHapusHere is my web blog :: egyption statues
pak.., ijin copy ya.., terimakasih..
BalasHapuspak ijin menyalin, trims.
BalasHapusmatur suwun pak....
BalasHapusijin copy gan
BalasHapusKomentar ini telah dihapus oleh pengarang.
BalasHapusterima kasih program remedial dan pengayaannya, sangat membantu & saya ikut copy...tapi ada sedikit koreksi saya kira, untuk kolom keterangan di program remedial belum ditulis "tuntas" kalau nilainya belum 100 karena sepengetahuan saya dari pelatihan di ktsp bahwa "tuntas" itu kalau sudah mencapai nilai sempurna (100). Mungkin lebih tepatnya "terlampaui" saja apabila baru melebihi KKM. Trims...
BalasHapussip aku copy ya, trims
BalasHapusadmin , saya mengcopy ya, trims wondo madasa
BalasHapusijin copy pak
BalasHapusikut copy . . .tanks
BalasHapusterima kasih bisa copas
BalasHapusTERIKASIH
BalasHapusterima kasih contoh program remedial dan pengayaan
BalasHapusterima ksh infonya....
BalasHapusTrims
BalasHapusizin share
BalasHapusTrimakasih sangat membantu saya,
BalasHapusTrimakasih sangat membantu saya,
BalasHapusSebagai bahan pembanding dari iede-ide membuat program remidial dan pengayaan.
BalasHapustrims, program remidial dgn pengayaan dapat mengukur kemampuan siswa, bahkan karakter siswa bisa dimengerti.
BalasHapusmatur nuwun pak
BalasHapusTERIMAKASIH PA
BalasHapustrmksh pk, izin copas
BalasHapusBaik Ijin Copy n Tks
BalasHapustrimakasih pak,mohon izin tuk Copy
BalasHapussangat berguna. mohon izin untuk mengcopy ya pak
BalasHapusIjin untuk mengcopy, matur nuwun
BalasHapusterima kasih artikel yg bagus izin copy
BalasHapusTrimakasih ijin copy
BalasHapusterima kasih pak... sangat membantu
BalasHapusizin coppas bos..... puyang dah... toh memang tak ada format yang baku, ini justru menjadi dasar jika mau dikembangkan lagi sesuai kebutuhan
BalasHapusIjin tuk dicopy dan adaptasi pak
BalasHapus