Selasa, 28 Juni 2011

CONTOH PROGRAM REMIDIAL DAN PROGRAM PENGAYAAN



CONTOH PROGRAM REMIDIAL

Sekolah                                 :     SMP Negeri  ............
Kelas / Semester                   :     VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                      :     Matematika
Ulangan Harian  ke                :     2
Tanggal Ulangan Harian         :     1 Maret 2011
Bentuk Soal UH                    :     Uraian
Materi UH  (KD/Indikator)       :    4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari.
Rencana Ulangan Rem         :     8 Maret 2011
KKM                                 :     70


No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Indikator yang tidak dikuasai
Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remidial
Nomor Soal yang dikerjakan dalam Tes  Remidial
Nilai Tes Rem
Ket.
( 1 )
( 2 )
( 3 )
( 4 )
( 5 )
( 6 )
(7)
(8)
1.
Aco
65
2, 3
Diberikan Bimbingan Khusus dan tugas Individu
1, 2, 3, 4
85
Tuntas
2.
Besse
68
3
Diberikan Tugas khusus
3, 4
98
Tuntas
3.
Dst…………






Sengkang,                    2011
Guru Mata Pelajaran


UMAR MUHADI
NIP.
Keterangan :
·         Pada kolom ( 6 ), masing-masing indikator dibuatkan 1 atau 2 nomor soal dengan tingkat kesukaran berbeda-beda
        Misalnya     :    Indikator 2 menjadi 2 soal yaitu nomor 1, 2
                               Indikator 3 menjadi 2 soal yaitu nomor 3, 4
·         Pada kolom ( 7 ), nilai yang diperoleh hanya digunakan untuk menentukan tuntas atau tidak tuntasnya  dari siswa yang telah ikut remidial, karena nilai yang akan diolah adalah nilai batas ketuntasan. Artinya bahwa Aco dan Besse  memperoleh nilai setelah remidial masing-masing 70 (batas ketuntasan).

Bentuk Pelaksanaan Pembelajaran Remedial
1.    Cara yang dapat ditempuh
a.       Pemberian bimbingan secara khusus dan perorangan bagi peserta didik yang belum atau mengalami kesulitan dalam penguasaan KD tertentu.
b.      Pemberian tugas-tugas atau perlakuan (treatment) secara khusus, yang sifatnya penyederhanaan dari pelaksanaan pembelajaran regular.
      Bentuk penyederhanaan itu dapat dilakukan guru antara lain melalui:
      a.  Penyederhanaan strategi pembelajaran untuk KD tertentu
      b.  Penyederhanaan cara penyajian (misalnya: menggunakan gambar, model, skema, grafik, memberikan rangkuman yang sederhana, dll.)
       c.  Penyederhanaan soal/pertanyaan yang diberikan.
2.    Materi dan waktu pelaksanaan program remedial
 a.      Program remedial diberikan hanya pada KD atau indikator  yang belum tuntas.
 b.     Program remedial dilaksanakan setelah mengikuti  tes/ulangan KD tertentu atau sejumlah KD dalam  satu kesatuan
Teknik pelaksanaan penugasan/pembelajaran  remedial:
v        Penugasan individu diakhiri dengan tes (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedial maksimal 20%.
v       Penugasan kelompok diakhiri dengan tes individual (lisan/tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 20% tetapi kurang dari 50%. Pembelajaran ulang diakhiri dengan tes individual (tertulis) bila jumlah peserta didik yang mengikuti remedi lebih dari 50 %.

CONTOH PROGRAM PENGAYAAN

Sekolah                            :  SMP Negeri ...............
Kelas / Semester              :   VIII (Delapan) / Genap
Mata Pelajaran                 :   Matematika
KKM Mata Pelajaran       :  70
Materi  (KD/Indikator)      :   4.2 Menghitung keliling dan luas lingkaran
1.  Menghitung keliling lingkaran
2.  Menghitung luas lingkaran.
3.  Menggunakan rumus keliling dan luas lingkaran dalam memecahkan soal yang terkait dengan kehidupan sehari-hari. 

No.
Nama Siswa
Nilai Ulangan
Bentuk Pengayaan
1.
Condeng
90
Contoh:
1.     Memberikan soal-soal  pemecahan masalah, misalnya soal-soal Olimpiade yang terkait dengan materi lingkaran.
2.     Memanfaatkan  Condeng dan Dandang untuk menjadi Tutor Sebaya
2.
Dandang
100

Dst ……………..

Sengkang,             2011
Guru Mata Pelajaran




UMAR MUHADI
NIP.
Pelaksanaan Program Pengayaan
1.      Cara yang dapat ditempuh:
a.      Pemberian bacaan tambahan atau berdiskusi yang bertujuan memperluas wawasan bagi KD tertentu
b.      Pemberian tugas untuk melakukan analisis gambar, model, grafik, bacaan/paragraf, dll.
c.       Memberikan soal-soal latihan tambahan yang bersifat pengayaan
d.      Membantu guru dalam membimbing teman-temannya yang belum mencapai ketuntasan.

2.      Materi dan waktu pelaksanaan program pengayaan
a.       Materi Program pengayaan diberikan sesuai dengan KD-KD atau indikator  yang dipelajari , bisa berupa penguatan materi yang dipelajari maupun berupa pengembangan materi
b.      Waktu pelaksanaan program pengayaan adalah:
·         setelah mengikuti tes/ulangan  KD tertentu  atau  kesatuan KD tertentu, dan  atau
·         pada saat pembelajaran dimana siswa yang lebih cepat tuntas dibanding dengan teman lainnya maka dilayani dengan program pengayaan

Sebagai bagian integral dari kegiatan pembelajaran,  kegiatan pengayaan tidak lepas kaitannya dengan penilaian. Penilaian hasil belajar kegiatan pengayaan, tentu tidak sama dengan kegiatan pembelajaran biasa, tetapi cukup dalam bentuk portofolio, dan harus dihargai sebagai nilai tambah (lebih) dari peserta didik yang normal.

42 komentar:

  1. format remidinya ok. saya copy boss!!

    BalasHapus
  2. makasih pak, ini program remedial dan pengayaan yang saya cari untuk di kelas/mapel saya
    thanks

    BalasHapus
  3. pak, ini kok lebih terlihat sebagai laporan hasil remedial/pengayaan, bukan program. kalau program khan artinya belum dilaksanakan? mohon jawabannya, saya perlu teman diskusi. trims.

    BalasHapus
  4. very good. thanks a lot

    BalasHapus
  5. menurut pengalaman biasanya remidial diartikan ujian ulangan dan nilainya pasti bagus.
    pak ada info pembelajaran pembagian bersusun NON POROGAPIT.
    http://kalkulatordakon.wordpress.com/2012/09/29/3
    trims

    BalasHapus
  6. Quality articles is the key to attract the people to visit the website, that's what this website is providing.

    Here is my web blog :: egyption statues

    BalasHapus
  7. pak.., ijin copy ya.., terimakasih..

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. terima kasih program remedial dan pengayaannya, sangat membantu & saya ikut copy...tapi ada sedikit koreksi saya kira, untuk kolom keterangan di program remedial belum ditulis "tuntas" kalau nilainya belum 100 karena sepengetahuan saya dari pelatihan di ktsp bahwa "tuntas" itu kalau sudah mencapai nilai sempurna (100). Mungkin lebih tepatnya "terlampaui" saja apabila baru melebihi KKM. Trims...

    BalasHapus
  10. sip aku copy ya, trims

    BalasHapus
  11. admin , saya mengcopy ya, trims wondo madasa

    BalasHapus
  12. terima kasih contoh program remedial dan pengayaan

    BalasHapus
  13. Trimakasih sangat membantu saya,

    BalasHapus
  14. Trimakasih sangat membantu saya,

    BalasHapus
  15. Sebagai bahan pembanding dari iede-ide membuat program remidial dan pengayaan.

    BalasHapus
  16. trims, program remidial dgn pengayaan dapat mengukur kemampuan siswa, bahkan karakter siswa bisa dimengerti.

    BalasHapus
  17. trimakasih pak,mohon izin tuk Copy

    BalasHapus
  18. sangat berguna. mohon izin untuk mengcopy ya pak

    BalasHapus
  19. Ijin untuk mengcopy, matur nuwun

    BalasHapus
  20. terima kasih pak... sangat membantu

    BalasHapus
  21. izin coppas bos..... puyang dah... toh memang tak ada format yang baku, ini justru menjadi dasar jika mau dikembangkan lagi sesuai kebutuhan

    BalasHapus
  22. Ijin tuk dicopy dan adaptasi pak

    BalasHapus

 

Blogger news

Blogroll

About